IBX5A6AE1868FA98

Wednesday, February 4, 2015

Pengalaman Jadi Jobs Seeker

       Hai sahabat blogger sudah lama sekali ya saya tidak membuat postingan di blogger. Maklum setelah wisuda pada 8 desember 2014 lalu saya di sibukan dengan mencari sebuah pekerjaan impian, ya status jobs seeker kini melekat pada diri saya. 3 hari setelah saya wisuda saya mulai sering membuka situs jobstreet.com dan saya sudah mendaftar di jobstreet sudah lama tepatnya semenjak saya lulus kuliah D3 tahun 2013 lalu.T api pada waktu itu sehabis mendaftar di jobstreet account saya di jobstreet kurang begitu saya perhatikan, maklum saya sibuk kuliah melanjutkan study saya ke jenjang S1 dan saya ingin supaya study saya ini cepat selesai dalam waktu 1 tahun. Puji syukur Allah mengabulkan doa saya, dan saya berhasil menyeselaikan kuliah saya selama 4 tahun, yakni 3 tahun D3 dan 1 tahun lanjut S1. Setelah pendidikan saya semuanya selesai kini saya semakin lebih memperhatikan account jobstreet yang saya miliki mulai dari memperbaiki resume hingga mengupload CV yang saya miliki. Setiap hari saya selalu membuka website jobstreet dan mencari pekerjaan sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan yang saya miliki. 2 hingga 3 perusahaan dalam 1 hari saya apply namun belum ada panggilan. Kurang puas dengan account job street saya mulai membuat account di website jobsdb.com.
      Pada waktu pertama kalinya saya apply lowongan di salah satu pekerjaan saya mendapat panggilan interview untuk pertama kalinya di PT Yusung kebetulan lokasinya tidak begitu jauh dari rumah yakni di Panglima Polim dekat fatmawati , sebenarnya sebelumnya si saya juga ada panggilan melalui telepon dari 021XXXXX tapi sayangnya tidak terangkat dan saya selidiki ternyata telpon itu dari PT ITsolution yang saya tidak pernah lamar, kok aneh ya pikir saya mungkin mereka tau data-data saya dari account UGCareer saya dan belum rezekinya. Tibalah saatnya saya interview pertama kalinya di PT Yusung kebetulan saya dapat interview pukul 13.00 tapi saya berangkat dari rumah pukul 11.30 dan tiba pukul 12.30 sempat ke sasar juga si hingga melawai hehe tapi untungnya lokasinya ketemu. Setibanya di PT Yusung ternyata masih jam istirahat para karyawan di sana, saya kecepetan juga si datangnya maklum saya memang terbiasa datang 30 menit sebelum jadwal yang di tentukan karena menurut saya datang cepat lebih baik ketimbang datang terlambat. Sebelum interview saya sempatkan diri mengobrol dengan karyawan-karyawannya kebetulan karyawanya juga ramah enak di ajak ngobrol. Teng waktu sudah menunjukan pukul 13.00 dan namasaya juga belum di panggil. Tepat pukul 13.15 nama saya baru di panggil oleh HRDnya kebetulan HRDnya wanita dan saya sudah tahu orangnya karena sempat liha account linkldln miliknya hehe kepo dikit penasaran juga yang interview saya seperti apa orangnya dan ternyata orangnya baik. Ni  saya tuliskan ada beberapa tanya jawab dengan HRDnya yang saya ingat :

A  = Saya
M = HRDNYA 
O = Owner/ User

A = Selamat siang Bu (sambil berjabat tangan)
M = Iya selamat siang Anggi ya, maaf ya sudah lama menunggu.
A  = Iya, gak papa ko Bu sayanya memang kecepetan datangnya
M = Sebelum sudah pernah berkerja Anggi?
A = Belum bu
M = Berarti benar-benar fresh graduate ya? lulus kapan?
A = iya bu, baru lulus akhir september kemarin, dan wisuda Desember kemarin.
M = Mas Anggi ini bisakan membuat website hingga menguploadnya?
A = Ya saya bisa bu.
M = Ke sini naik apa ? jauh tidak dari rumah?
A = Naik motor bu, Lumayan jauh si bu
M = O berapa lama perjalanannya?
A =  1 jam bu tapi kalo macet mungkin 1,5 jam
M = Mas Anggi ini bersedia tidak jika pulang hingga malam?
A = Ya saya bersedia bu.
M = Lebih senang bekerja di dalam atau di luar?
A = Di dalem bu (padal dalem hati suka dua-duanya)
M = O sebenernya pekerjaan buat mas Anggi ini bisa di dalam dan kadang di luar. Sebenarnya perusahaan kami membutuhkan lulusan S1 untuk team leader untuk lulusan SMK.
A = O begitu ya bu ( dalem hati waduh berarti tanggung jawabnya besar donk)
M = Sebentar ya mas Anggi saya panggilkan ownernya dulu.
Nah di sini agak bingung sesi tanya jawabnya karena ownernya orang korea dan ngomongnya pake bahasa Inggris hahaha
A = Selamat siang pak
O = Yes you strata one? fresh graduate?
A = Yes I'm fresh graduate
O = You can and understand network?
A = Little
O = Okay you undrestand website and maintenance
A = Yes I understand
O =  Okay 
Sesi tanya jawab dengan owner selesai dan ownernya menyuruh untuk meanjutkan, sepertinya ownernya terburu-buru ada urusan lain.

Setelah interview selesai saya bergegas pulang karena langit mendung dan sudah mulai hujan rintik-rintik dan di sini saya pasrah apapun hasilnya saya terima dengan lapang dada.
    3 hari setelah panggilan di PT Yusung saya mendapat panggilan untuk tes psikotes di PT Elizabeth pada hari sabtu jam 9 pagi. Setelah beberapa jam ada tepon dari PT Soxxxx untuk interview namun saya cancle karena waktunya bentrok dengan tes psikoes besok.
     Besoknya saya bergegas ke PT Elizabeth dengan menaiki kereta jurusan depok lama hingga setasiun kota, setibanya di setasiun kota saya lalu jalan kaki menuju ke daerah asemka setibanya di PT Elizabeth ternyata sudah ada 2 orang yang telah hadir lebih dulu. Di PT Elizabeth saya berkenalan dengan sebelah saya dan ternyata dia juga dari depok dan dulunya kuliah di Pancasila. Setelah beberapa menit kemudian saya dan yang lainnya di persilahkan untuk menuju ruang test psikotes. Saya agak bingung psikotest menggambar karena sebelumnnya saya pernah mengikuti test atitutude di kampus namun tidak ada test menggambar. Untungnya saya sempat browsing - browsing mengenai test warteg, tree dan tpa. Pada waktu mengerjakan soal tpa saya kehabisan waktu sehingga tidak semua saya isi begitupun dengan peserta lain mereka juga banyak yang belum selesai. Setelah mengikuti test psikotest di lanjutkan dengan mengisi form biodata dan form pertanyaan, form pertanyaannya sendiri pun persis seperti tanya jawab interview hanya saja ini tertulis. Setelah selesai saya pulang kedepok dengan menggunakan kereta kembali dan tinggal menunggu hasil.
    Seminggu kemudian saya mendapatkan panggilan interview dari Indovision di daerah kedoya. Pada senin tanggal 26 januari 2015 saya mendapat telpon dari indovision untuk di jadwalkan interview besok jam 13.30 oleh HRDnya. Setelah menerima telpon saya lalu mempersiapkan berkas-berkas yang di perlukan untuk besok seperti membuat surat lamaran hingga mengisi form yang di berikan. Saya juga menyempatkan diri untuk belajar dan mengingat sintaks-sintaks perintah query SQL yang pernah di pelajari dulu sewaktu masih kuliah ya walaupun sedikit buat jaga-jaga besok. Saya juga tak lupa mencari tahu HRDnya besok seperti apa, hehe kepo dikitlah dari pada penasaran. Ketemulah akun linkedin milik HRDnya ternyata laki-laki usia sekitar 35anlah dia baru 3 bulan kerja di Indovision dan juga sudah banyak pengalaman dan ternyata HRDnya juga wong Jowo asal Boyolali hehe dilihat dari tutur katanya dan mukanya sepertinya baik sok tau hehe. Tibalah besok menuju ke indovision perjalanan di temani  hujan rintik-rintik yang cukup deras dengan menggunakan motor dan mengenakan jas hujan, walaupun begitu tetap semangat setibanya di daerah Lebak bulus cuaca berubah jadi cerah dan panas lalu saya membuka jas hujan dan langsung mengenakan sepatu. Setelah 1 jam lebih perjalanan dan gak kesasar donk (karena sudah browsing-browsing pake google masps sebelumnya hehe) saya tiba di gedung Indovision 2 bekas gedung wisma CNI dan gedung Indovision 2 ini di khususkan untuk interview kerja maka tak jarang sering di temui para job seeker yang begitu banyak di gedung ini. Setelah tiba di lantai 3 saya mulai menyerahkan berkas lamaran ke satpam tempat absensi. Setelah 15 menunggu tibalah saatnya nama saya di panggil menuju ke ruang etalase , dan betul saja seperti dugaan saya HRDnya lumayan baik dan sedikit medok kejawa-jawaan hehe. Ini sedikit saya berikan percakapan dengan HRDnya yang saya ingat.


H= HRD
A= Saya
A= Selamat siang pak, sambil berjabat tangan
H= Iya, selamat siang ini Anggi Danun S ya ?biasa dipanggilannya apa?
A= Iya pak saya biasa dipanggil Anggi
H= Anggi ini tinggal di parung yang dekat serpong ya?
A= Bukan pak parung itu ada 3 parung bogor, parung bingung, dan parung panjang nah saya ini tinggal di dekat parung bogor.
H = Anggi ini lahir di jogja dan asli tinggal di jawa ya?
A = iya pak saya lahir di jogja tapi orang tua merantau ke depok
H= O cuman numpang lahir, Ibu dan bapak orang jawa ya?
A = iya pak ibu saya asli jogja dan bapak saya dari Kalimantan
H =  O ko nama bapaknya kaya orang jawa hehe
A = cuman senyum hehe
H = Adik kuliah di mana dan  jurusan apa ini anggi?
A= di Ahmad dahlan Jurusan akuntasi pak.
H= Anggi ini dulu SMAnya jurusan IPS dan kenapa kuliahnya lebih ke IT?
A= Ya saya ingin lebih memperdalam ilmu saya di bidang IT, dan sewaktu SMA saya hanya sedikit sekali belajar
IT.
H= Ada hambatan tidal selama kuliah
A = Tidak ada pak lancar-lancar saja.

H = Apa yang anggi harapakan untuk kedepannya?
A= Saya berharap apa yang saya inginkan tercapai dan membahagiakan orang tua lebih dulu.
H = Anggi ini nanti berkerja sesuai berdasarkan shift dan liburnya tidak di hari sabtu minggu melainkan di hari lainnya apa anggi siap?
A = Ya saya siap pak
H = tunggu sbentar ya untuk selanjutnya interview User
A= Hari ini pak? Terima kasih ya pa katas waktunya.
H= Iya hari ini.

     Hanya segitu saja yang dapat saya ceritakan dan saya kaget interview usernya di hari sama dan sialnya belum ada persiapan yang matang tentang  query sql hanya dasar-dasarnya saja yang saya tahu. 10 menit kemudian HRDnya datang di ruang tunggu dan memberikan amplop coklat untuk di serahkan ke user di gedung indovision 1.Sayapun bergegas turun ke bawah dan setibannya di bawah saya di sapa oleh orang yang 1 HRD dengan saya. Saya tanya orang tersebut tinggalnya di mana? Ternyata orang tersebut jauh-jauh dari jogja untuk merantau sendiri dan saya Tanya mau interview user juga ya? Enggak saya mau pulang. Terus saya Tanya loh emang gak di suruh interview user dan gak di kasih map? Dia bilang enggak dan mungkin hari lainnya. Saya merasa aneh ko saya langsung interview user jujur saja saya gak ada persiapan soal teknis ini. Setelah itu saya menyebarang ke gedung indovision 1 dan menuju meja reseptionis saya di suruh mengisi absen dan memberikan ktp lalu di berikan kartu penanda interview. Setibanya di lantai 3 saya bertemu dengan user dan benar saja saya di tanya mengenai quer sql untuk dasar-dasarnya saya menjawab lancer tapi ketika di Tanya perintah join saya terbata-bata dan blank interview dengan userpun selesai dan katanya saya akan di pertimbangkan. Setibanya di rumah saya browsing – browsing kembali mengenai pengalaman orang yang pernah bekerja di indovision dan ternyata bagian yang saya lamar ini harus tetep masuk pada hari raya lebaran dan kebanyakan statusnya masih outsourcing selain itu juga lowonganya gak pernah tutup selalu buka. Walaupun begitu saya tidak menyesal karena saya jadi dapat pengalaman interview dengan usernya langsung.











No comments:

Post a Comment