IBX5A6AE1868FA98

Saturday, September 29, 2012

Definisi Sistem Informasi Akuntasi Beserta Perananya

     Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Bodnard dan Hopwood (2000:23) sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya seperti manusia dan peralatan yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. Menurut Baridwan (1996:4) sistem informasi akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa dan komunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan kepada pihak-pihak luar (seperti inspeksi pajak, investor dan kreditur ) dan pihak-pihak dalam (terutama manajemen ).
      Jadi dapat di simpulkan bahwa sistem informasi akuntasi merupakan suatu komponen organisasi untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi keuangan dan pengambilan keputusan bagi pihak perusahaan maupun pihak luar perusahaan. Sebenarnya, akuntansi pun termasuk sebuah sistem informasi .

                                                Peranan Sistem Informasi Akutansi

        Sistem  Informasi Akuntansi dalam sebuah organisasi memiliki peran penting. Berikut ini peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam sebuah organisasi.

  1. Mengumpulkan dan menyimpan data mengenai aktivitas dan transaksi.
  2. Mengolah data menjadi informasi yang bisa dipakai dalam proses pengambilan keputusan.
  3. Melakukan pengawasan atau kontrol secara tepat terhadap asset organisasi.

         Sistem informasi akuntansi memiliki subsistem yang memproses berbagai  transaksi keuangan dan nonkeuangan yang secara langsung mempengaruhi transaksi keuanagan. Berikut ini tiga subsistem dari sistem informasi akuntansi.

  1. Sistem pemrosesan transaksi. Sistem ini mendukung proses operasi bisnis harian.
  2. Sistem buku besar atau pelaporan keuangan. Sistem ini untuk menghasilkan aporan keuangan, misalnya laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan penembalian pajak.
  3. Sistem pelaporan manajemen. Sistem ini disediakan oleh manajemen internal berbentuk laporan keuangan yang bertujuan khusus dan informasi yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan, misalnya anggran, laporan kinerja, dan laporan pertanggungjawaban.
       Sistem informasi akuntansi memiliki karakter tersendiri. Berikut ini karakteristik sistem informasi akuntansi.

  • Sistem informasi akuntansi melaksanakan tugas yang diperlukan.
  • Berpegangan pada prosedur yang relatif standar.
  • Menangani data lebih rinci.
  • Berfokus historis.
  • Menyediakan informasi pemecah minimal.
         Berbagai transaksi nonkeuangan yang tidak dapat diproses dalam sistem informasi  akuntansi, dapat diproses melalui sistem informasi manajemen .Sistem informasi akuntansi berbeda dengan sistem informasi manajemen. Berikut ini perbedaan kedua sistem tersebut.

  • Sistem Informasi Akuntansi berfungsi untuk mengklasifikasi, memproses, menganilisa, dan mengkomunikasikan informasi keuangan.
  • Sistem Informasi Manejemen berfungsi untuk mengklasifikasi, memproses, menganalisa, dan mengomunikasikan semua tipe informasi. 

Daftar Pustaka:
http://www.anneahira.com/sistem-informasi-akuntansi.htm
http://riezquchiha.wordpress.com/2010/10/09/sistam-informasi-akuntansi-sia/

       

No comments:

Post a Comment