IBX5A6AE1868FA98

Sunday, November 13, 2016

Mengatasi Suara Kipas Laptop Yang Berisik seperti Hairdryer

Hai sobat blog kali ini mau berbagi tutorial dan mengatasi masalah yang biasa terjadi pada kipas laptop yang bersuara seperti hairdryer maupun terdengar suara cit cit seperti curut. Sobat yang biasa mendengarkan musik maupun yang sedang butuh ketenangan saat menggunakan laptop pasti bakal terganggu dan risi jika mendengar suara kipas laptop yang berisik tersebut. Langsung saja saya akan share tips sederhana mengatasi kipas laptop yang berdengung sehingga menimbulkan kebisingan dan sekaligus membersihkan ventilasi laptop yang dipenuhi debu, ikuti langakah-langkahnya.

1. Buka cover / casing laptop bagian bawah dengan menggunakan obeng mini, jika sudah buka cover laptop secara hati-hati sebab ada kabel penghubung kipas ke socket motherboard. Lalu lepas secara perlahan kabel kipas yang terhubung dengan motherboard.


 

2. Lalu bersihkan kisi-kisi ventilasi dengan menggunakan kuas maupun vacum cleaner ' inget ya jika pake vacum cleaner pake yang portable ya bukan yang buat bersihin lantai atau vacum cleaner yang model balon juga bisa'.


 3. Lalu buka baut pada kipas yang masih menempel pada casing laptop, setelah itu buka casing kipas.




 3. Setelah casing laptop terbuka bersihkan baling-baling kipas dari debu yang menempel, lalu angkat dan tarik secara hati-hati kipas dari dinamo motornya.




4. Setelah kipas terlepas dari motor beri pelumas gemuk atau oli pada lubang bearing / poros dengan menggunakan jarum, sedikit saja tidak usah banyak- banyak karena dikhawatirkan jika kebanyakan akan luber dan mengenai lilitan kawat. Jika terkena kawat tembaga segera bersihkan dengan tisu hingga bersih dan kering.


5.  Jika sudah selesai memberi pelumas pasang kembali kipas pada motor dan pasang casing kipas seperti pada langkah awal. Jangan lupa kabel kipas diicolokan kembali pada socket motherboard.





5. Setelah semua terpasang seperti sedia kala, tes hidupkan laptop dan rasakan putaran kipas jadi halus seperti semilir angin malam dan suhu laptop jadi stabil.


 Cukup simple dan mudahkan sobat, tapi inget resiko di tanggung sendiri ya hehe
 









No comments:

Post a Comment